Pages

Saturday, September 22, 2012

ABSTRAKSI SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS DESKTOP DI SMUN 1 DURI

              Sistem Informasi Akademik merupakan suatu sistem yang memberikan layanan informasi yang berupa data akademik. Keberadaan sistem informasi ini penting. Dalam hal ini, SMUN 1 Duri dijadikan sebagai tempat penelitian, karena sistem informasi akademik yang ada di sekolah tersebut belum terkelola dengan baik, sehingga sering kali mempersulit dalam pelaksanaan aktifitas- aktifitas akademik yang ada, seperti proses pengolahan data siswa, pengolahan data guru, pengolahan nilai siswa, dan pengolahan absen siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan kemudahan pada saat proses pengolahan data siswa dan guru, mempermudah dalam pengolahan nilai siswa, meminimalisir kesalahan dalam pencatatan data siswa, dan meningkatkan keamanan data siswa sehingga data siswa lebih terjamin.

        Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Deskriptif yaitu mengumpulkan data, mengintegrasikan dan menggambarkan data-data yang mendukung penelitian ini. Sedangkan pengembangan sistemnya menggunakan model waterfall. Perangkat lunak yang digunakan adalah : windows 7 home premiumnetbeans 7.0.1Xampp 1.7.2, dan MySQL sebagai databasenya.

            Hasil dari penelitian ini adalah sebuah desktop aplikasi yang bernama : Sistem Informasi Akademik Berbasis Desktop Di SMUN 1 Duri, sebuah desktop aplikasi yang dibuat untuk mempermudah aktifitas akademik di SMUN 1 Duri. Dan hasil pengujian dari sistem yang dibuat telah dapat mengakomodasi kebutuhan akademik di SMUN 1 Duri.

1 comment: